Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

12 January 2015

[Resensi Buku] 10 Kisah Sahabat yang Dijamin Masuk Surga


Judul : 10 Kisah Sahabat yang Dijamin Masuk Surga
Penulis : Nita Candra
Penerbit : Tiga Ananda(Imprint Tiga Serangkai)
Terbit : Oktober 2014
Tebal : 80 halaman
ISBN : 978-979-045-795-9
Bisa dibeli di Tiga Serangkai


Surga dijanjikan oleh Allah SWT bagi orang-orang yang bertakwa. Di akhirat kelak, manusia dibagi menjadi dua golongan, yaitu penghuni surga dan penghuni neraka. Para Rasul dan Nabi sudah dijamin akan masuk surga. Namun, ada pula 10 orang yang dijamin masuk surga karena ketakwaannya yang hidup di zaman Nabi Muhammad. Mereka dikenal sebagai al ‘Asyarah al-Mubasysyarun bil Jannah. Pribadi yang mulia dan istimewa yang dijamin masuk surga ini adalah : Abu Bakar ash-shidiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Utsman bin Affan r.a., Ali bin Abi Thalib r.a., Thalhah bin Ubaidillah r.a., Az-Zubair bin Awwam r.a., Abdurrahman bin Auf r.a., Sa’ad bin Abi Waqqash r.a., Sa’id bin Zaid r.a., dan Abu Ubaidah bin Jarrah r.a.

Abu Bakar, orang pertama yang beriman saat yang lain tak mempercayai Rasulullah sebagai utusan Allah. Ia berusaha selalu melindungi kaum yang lemah dan teraniaya. Seperti saat Bilal bin Rabbah, budak hitam disiksa majikannya, Abu Bakar meminta agar Bilal dibebaskan dari siksaan. Akhirnya Abu Bakar membeli Bilal dari majikannya dan membebaskannya sebagai manusia yang merdeka. Abu Bakar juga berhati-hati dengan makanan haram. Ia tidak mau menerima susu dari seorang hamba sahaya yang ternyata dibeli dari uang upah hasil meramal. Abu Bakar segera memuntahkan susu itu dan mohon ampun pada Allah. (hlm. 15)
               
Dahulu sebelum masuk Islam, Umar bin Khattab yang berhati lembut dikenal sebagai kaum penentang Nabi. Namun setelah masuk Islam, ia menjadi orang yang paling membela nabi selain Abu Bakar, orang yang pertama masuk Islam. Ia kelak menjadi khalifah kedua, dan memimpin pemerintahan dengan adil dan bijaksana. Umar yang lembut, suatu hari ingin membebaskan seekor burung yang mencicit lemah karena dijadikan bahan permainan seorang anak kecil. Umar bin Khattab meminta agar anak itu membolehkannya membeli burung itu. Si burung pun dibeli lalu dibebaskan. Semata karena sifat halus yang dimiliki Umar membuat ia menjadi penyayang makhluk ciptaan Allah. Umar juga menjadi pemimpin yang cerdas. Ia memanggul sendiri gandum untuk disedekahkan pada rakyatnya. Umar yang setingkat presiden saat itu memilih untuk menangani langsung masalah yang ada di masyarakatnya. (hlm. 21)

Ada pula Utsman bin Affan yang dikenal sebagai sahabat yang tegas dan pemberani bersedia mewakafkan hartanya untuk kepentingan ummat. Saat itu ummat kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Utsman membeli dari seorang Yahudi dengan perjanjian setengah sumur miliknya dan setengah lagi milik si Yahudi. Namun akhirnya si Yahudi memilih untuk menjual sisanya karena tidak ada lagi yang mengantri untuk membeli air miliknya.

“Siapakah yang hendak membeli sumur itu, lalu memberikannya kepada kaum muslimin maka dia dan timba yang dipakai untuk mengisi timba-timba mereka akan memperoleh sumber air di surga.” (hlm. 30)

Dalam Perang Uhud, Abdurrahman bin Auf mendapatkan luka-luka di sekujur tubuhnya. Sebagian luka itu membuat beliau pincang dan rontok giginya. Namun, hal itu tak menyurutkan semangat beliau dalam membela Islam. (hlm. 57)

           Buku pengetahuan tentang kisah sahabat Nabi ini merupakan buku yang diperuntukkan untuk segmen pembaca anak-anak usia sekolah dasar. Disertai ilustrasi yang cantik, juga pojok renungan yang menambah khasanah pengetahuan tentang keistimewaan sifat sahabat Nabi. Di buku ini dijabarkan apa saja yang dilakukan oleh para sahabat sehingga pembaca bisa meneladani apa yang dilakukan oleh orang shaleh tersebut. Sebagian kisah sudah pernah saya dengar namun sebagian lagi merupakan pengetahuan baru bagi saya. Hikmah dan renungan yang terkandung di dalamnya membuat pembaca meneladani semangat untuk memperbaiki diri demi meraih surga yang tertinggi.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^