Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

29 January 2015

[Resensi Buku] Caping Emas Misterius

Judul : Caping Emas Misterius
Pengarang : Hana Alfazzahra
Penerbit : Dar! Mizan
Terbit : Juli 2014
Tebal : 92 halm.
ISBN : 978-602-242-469-7
Genre : Novel Anak/Detektif


Ketika sedang menggali di sebuah situs di hutan Wonogiro, Paman Arif menemukan caping emas. Sepertinya, caping itu merupakan benda antik peninggalan sebuah kerajaan zaman dulu. Harganya pasti mahal.

Penemuan caping emas itu ternyata menimbulkan banyak masalah. Saat Paman Arif dalam perjalanan menuju kantor polisi untuk melaporkan penemuannya, Paman Arif disekap dan disandera orang-orang jahat yang mengincar caping emas itu.

Cahya dan Panji bersama teman lainnya berusaha menyelidiki caping emas misterius itu. Nah, bagaimana cerita selengkapnya? Mampukah Cahya dan kawan-kawan menemukan caping emas yang hilang? Siapa yang menculik Paman Arif dan Kirana?

***

            Buku yang masuk ke dalam seri Kecil-kecil Jadi Detektif ini merupakan buku yang ditulis oleh Hana, anak kelas 4 SD. Untuk ukuran anak seusia Hana, buku ini merupakan prestasi karena bisa membuat kisah yang beruntun. Meski yang menggelitik saya adalah penulis malah lebih suka menjelaskan tentang kisah pertemuan dengan presiden, sedangkan pencarian Capingnya antiklimaks. Ya, waktu baca bikin saya bertanya, “Hanya segitu aja?” Heuheu, maafkan saya, Hana, harus bilang begini. Tapi ini yang saya rasakan. :3

Saya hanya dibuat terbelalak saat mengetahui rahasia masa lalu si tokoh utama, dan melihat sandi yang dibuat oleh paman untuk menyimpan barang berharga ini. Sandi ini bisa dipakai oleh anak-anak untuk menyimpan suatu rahasia.. Andai penulis lebih mendetailkan kisah masa lalu itu dan mengaitkan dengan caping emas mungkin bakal lebih bikin greget. Eksplor rahasia selapis demi selapis pasti akan lebih mengasyikan.

Mungkin kerumitan kisah detektif ini memang sengaja dibuat standar anak sekolah. Tapi setelah saya baca lanjutannya sampai akhir, malah ada tambahan kisah baru berjudul wifi alien. Yang Wifi Alien ini yang malah menarik untuk diikuti kisahnya. Hanya sangat disayangkan, penyelesaiannya terkesan terburu-buru. Karena jumlah halamannya mirip cerpen. Hmm... Mungkin ini novel berbonus cerpen? :D Padahal saya lebih suka kalau penulisnya mendetailkan kisah caping emas-nya karena itu yang seharusnya jadi inti novel ini, bukan yang lain. Overall, 3 bintang untuk novel ini.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^