Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

30 January 2015

[Resensi Buku] Detektif Conan Seri #81


Judul Buku : Detektif Conan Seri #81
Pengarang : Aoyama Gosho
Penerbit : Elex Media Komputindo
Terbit : 2014
ISBN : 978-602-02-5442-5
Genre : Komik/Detektif

Saat sedang menyelesaikan kasus pembunuhan Kurobee, si pencopet, tiba-tiba ingatan Bu Jodie melayang pada Shuichi Akai. Dan siapakah yang bersembunyi di balik bayangan kasus itu!? Temukan pula di buku ini kasus di bar yang memperlihatkan kehebatan Kogoro, penyelidikan kasus perselingkuhan yang menguak semakin jauh rahasia Sera dan kasus korban tenggelam di toilet yang mempertemukan Sera dan Makoto Kyogoku.

***
Di antara keempat kasus itu, ada dua kasus yang menarik perhatian saya. Kasus di mana pembunuhan terjadi di bar dan kasus di mana korban tenggelam di toilet. Keduanya menggunakan pendekatan sains untuk memecahkan kasus.

Di bar ketika Kogoro menerima permintaan penyelidikan kasus, terjadi pembunuhan di sana. Ada empat orang yang sedang melakukan pesta untuk merayakan ulang tahun. Salah satunya meninggal di meja saat ia selesai minum. Diduga ada pembunuh yang menggunakan senjata tajam seperti tusukan untuk memasukkan racun ke leher korban yang sedang mabuk. Tapi bukti senjata yang digunakan tidak ditemukan. Hanya ada plastik yang ternyata menempel di sepatu Kogoro ketika memeriksa tempat kejadian, dan poster yang beraroma limun.

Dugaan Conan, senjatanya diterbangkan dengan cara yang ‘unik’. Hingga terdengar bunyi plop berkali-kali seperti bunyi tutup botol sampanye yang dibuka. Untuk yang satu ini sebenarnya diselesaikan oleh Conan lewat aksi Kogoro Tidur, tapi tetap saja dikiranya Kogoro yang melakukan. :P

Untuk kasus berikutnya di mana korban terbunuh di toilet, dugaannya tenggelam. Padahal rasanya tidak mungkin toilet yang ada di luar ruangan itu bisa menenggelamkan korban. Saya baru tahu ada trik semacam itu. Apalagi triknya sebenarnya bisa dipakai digunakan dalam percobaan biasa. Jadi ikut penasaran nebaknya.

Untuk kasus yang melibatkan Bu Jodie, Vermount dan Bourbon, karena saya belum baca seri 80 jadi belum tahu sebenarnya apa masalahnya. Kasusnya terpotong di edisi sebelumnya. Lalu, ada juga Makoto Kyogoku. Yang ini pun saya baru lihat sekarang tapi kata Conan dulu pernah muncul di kasus lain. Ya, kayaknya saya banyak ketinggalan perkembangan Conan. Anyway, 4 bintang untuk kasus di seri 81. ;)

Postingan ini diikutsertakan dalam Comic Reading Challenge

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^