Langsung ke konten utama

Review Buku Anak : "The Boxcar Children" - Petualangan Menginspirasi Anak-Anak Yatim Piatu


Judul buku : The Boxcar Children

Penulis Buku : Albert Whitman

Penulis asli : Gertrude Chandler Warner

Penerbit : Random House Books For Young Readers

Terbit : 2018

Tebal : 48 halaman

ISBN : 978-0-1075-0839-8

Range usia pembaca : 5-7 tahun

Bahasa : Inggris (Level 2)

Rating : 4/5 🌟

Baca ebook di aplikasi Libby


💜💜💜


Sinopsis Buku : 


Henry, Jessie, Violet, dan Benny adalah anak yatim piatu. Satu-satunya cara mereka bisa tetap bersama sebagai sebuah keluarga adalah dengan menjalani hidup sendiri. 

Jadi ketika anak-anak menemukan gerbong boks yang ditinggalkan di hutan, mereka memutuskan untuk menyebutnya rumah - dan menjadi Anak Gerbong boks! 


💜💜💜


Review Buku: "The Boxcar Children" - Petualangan Menginspirasi Anak-Anak Yatim Piatu


"The Boxcar Children" menghadirkan kisah yang mengharukan dan penuh petualangan tentang kekuatan keluarga, persahabatan, dan keberanian anak-anak. 


Penulis asli novelnya adalah Gertrude Chandler Warner. Saya sudah membaca versi novelnya, namun bukan yang series awal. 


Kisah dalam buku ini membawa kita ke dalam dunia Henry, Jessie, Violet, dan Benny, yang harus menemukan cara bertahan sebagai keluarga tanpa orang tua.


Buku ini adalah versi pictorial book dari novel dengan judul yang sama. Series Novel The Boxcar Children terbit hingga lebih dari 150 judul. Bahkan novelnya juga diadaptasi menjadi film. 


Buku ini adalah versi pictorial book dari The Boxcar Children yang dibuat dengan alur yang lebih sederhana. Meskipun begitu, pembaca jadi tahu awal mula terbentuknya tim The Boxcar Children. 


Baca juga : Review Buku Anak: "Kiss Good Night" - Sentuhan Kelembutan Sebelum Tidur


Mewujudkan Mimpi Anak-Anak:


Dalam situasi sulit mereka sebagai anak yatim piatu, anak-anak ini menemukan gerbong boks terbengkalai di hutan. 


Dengan imajinasi dan tekad, mereka memutuskan untuk membuatnya sebagai rumah sendiri, menyebut diri mereka sebagai "Anak Gerbong Boks." 


Kisah ini adalah kisah yang membawa mimpi anak-anak dan berhasil menciptakan kehidupan sendiri meskipun tantangan besar.




Pesan Tentang Keluarga dan Persahabatan:


Fokus kisah ini adalah nilai-nilai keluarga dan persahabatan. Meskipun tak memiliki orang tua, Henry, Jessie, Violet, dan Benny menunjukkan bahwa keluarga dapat mendukung satu sama lain. Persahabatan mereka dengan karakter lain dalam cerita juga menciptakan ikatan sosial yang sangat mendalam. 


Dikisahkan keempat anak itu bersembunyi dari kakek mereka, karena takut kakeknya adalah orang jahat. Pasalnya, mereka tidak pernah bertemu dengan kakeknya selama orang tuanya masih hidup.




Saat orang tuanya meninggal, mereka pun pergi dari rumah dan meninggalkan kehidupan yang pernah mereka jalani. 


Mereka menemukan sebuah toko roti dan meminta penjualnya untuk membolehkan mereka tinggal semalam. Namun, terdengar suara pemilik toko roti yang mengatakan bahwa anak tertua bisa bekerja di tokonya dan yang muda tidak bisa bekerja.


Mendengar hal itu, mereka pun pergi meninggalkan toko roti. Saat malam menjelang, mereka mencari tempat berteduh. Mereka menemukan sebuah hutan. Di sana ada gerbong box kereta yang sudah tidak dihuni. Mereka menggunakannya untuk istirahat. 




Keesokan harinya, anak-anak mencari pekerjaan serabutan yang bisa dilakukan seperti potong rumput, memetik cherry, membersihkan rumah, dan lainnya. 


Saat itulah mereka tak sengaja bertemu kakek mereka. Dan petualangan pun dimulai. 


Gerbong kereta bekas itu dibawa ke rumah kakeknya dan disulap menjadi gerbong box yang indah. Gerbong merah itu bisa dijadikan untuk ruang keluarga dan tempat bersantai di rumah. 


Gerbong itu diletakkan di belakang halaman rumah kakeknya dan menjadi tempat untuk mereka memecahkan misteri kasus yang akan dijalani.


Baca juga : Review Buku Anak: "The Little Snowplow" - Bajak Salju Kecil yang Penuh Semangat


Petualangan yang Menarik:

"The Boxcar Children" tak hanya mengeksplorasi tema emosional, tetapi juga menyajikan petualangan yang mendebarkan. Anak-anak ini menjalani berbagai petualangan dan misteri yang menantang, menunjukkan kecerdasan dan keterampilan bekerja sama mereka untuk mengatasi setiap rintangan.


Karisma Karakter Utama:

Henry, Jessie, Violet, dan Benny adalah karakter yang mudah dicintai. Setiap anak memiliki kepribadian yang unik, dan dinamika hubungan mereka membawa kehangatan ke kisah ini. Pembaca akan merasa terhubung dengan keberanian dan semangat hidup mereka.


Gaya Penceritaan yang Menghibur:


Penulis menggunakan bahasa yang sederhana dan menghibur yang mudah dipahami oleh pembaca anak. Gaya berceritanya membawa pembaca ke dalam dunia anak-anak ini, membuat cerita ini sesuai untuk pembaca anak dan mengasyikkan bagi pembaca yang lebih berpengalaman.


Kesimpulan:


"The Boxcar Children" adalah kisah yang menciptakan inspirasi bagi anak-anak untuk mengatasi tantangan hidup dan menciptakan keberanian mereka sendiri. 


Penulis dengan cerdas menggabungkan nilai-nilai kehidupan dengan petualangan yang mendebarkan, menciptakan buku yang tak hanya menghibur, tetapi juga memberikan pelajaran yang bernilai. 


Buku anak ini memberikan pesan bahwa keluarga, kekompakan, dan keberanian anak-anak dapat membawa mereka ke tempat-tempat yang tidak terduga. 


"The Boxcar Children" adalah perjalanan menginspirasi ke dalam imajinasi dan keberanian anak-anak yang layak untuk dibaca. 


Selamat membaca ya! ❤️


Baca juga : Review Buku Wish Upon a Dream : Harapan Mimpi yang Mempesona


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com