26 Desember 2021

[Review Komik] New Legenda Naga Vol. 9 by Yoshito Yamahara

 


Judul buku : New Legenda Naga Vol. 9

Pengarang : Yoshito Yamahara

Penerbit : Elex Media Komputindo

Terbit : 2012

Tebal : 180 halaman

Genre buku : komik remaja

ISBN : 978-602-00-2828-6

Rating buku : 3/5 ⭐

Harga buku : Rp 25.000

Baca buku di aplikasi I-Jateng


❤️❤️❤️


Sinopsis Buku : 


Untuk menggerakkan hati para jenderal, Kaisar bertarung melawan harimau. Berbekal tekad dari dewi naga dan ilmu bela diri ajaran Chung Ta, dia berhasil meraih dukungan dan rasa percaya diri, tapi kenapa Phoenix Penghancur malah mendukung Kaisar?


❤️❤️❤️


Resensi Buku : 



Kisah komik Legenda Naga berawal dari kisah dua siswa SMP,  Shiro dan Masumi yang dibawa dewa naga pada saat hendak berdarmawisata ke Tiongkok. 


Saat pesawat yang mereka tumpangi dilewati oleh dewa naga, keduanya terbawa ke Zaman Tiga Kerajaan. 


Di sana mereka dianggap sebagai "anak naga". Shiro membawa titel "guru naga" dan Masumi "putri naga/ dewi naga". 


Cerita kemudian menjelaskan bahwa dewa naga memilih kedua anak ini untuk melakukan sesuatu pada zaman itu.


Disadur sebagai cerita fiksi dari sejarah terkenal dari Tiongkok yaitu sejarah roman klasik "Sam Kok" dan cerita tentang 5 jendral harimau dan juga penerapan strategi perang zaman dulu.


Mereka menyadari bahwa mereka terdampar di Tiongkok pada tahun 207 selama zaman terdahulu dari periode Tiga Negara, pada masa awal kampanye militer yang berujung pada Pertempuran Chibi. 


Setelah mereka mempelajari cara bertahan hidup, melalui pengetahuan Shiro tentang novel sejarah Kisah Tiga Negara (begitu pula dengan bakat seni bela dirinya yang mulai tumbuh), mereka dikenal sebagai "Pemimpin Naga" dan "Putri Naga," dan bekerja untuk Liu Bei dan Cao Cao (Tsao Tsao)


❤️❤️❤️


Dalam volume 9 ini, Putri Naga alias Dewi Naga berusaha membantu Kaisar untuk menyelesaikan pertarungan dengan harimau. Namun, Dewi Naga yang awalnya ingin memberi kode pada Chung Ta, malah justru tidak jadi karena ketahuan. 


Kaisar dianggap lemah oleh para jendral. Itu sebabnya, pertarungan dengan harimau akan menjadi bukti bahwa kaisar cukup tangguh untuk memimpin negeri dan mencapai kejayaan.


Kaisar ingat percakapannya dengan Dewi Naga yang percaya dengan kemampuan Kaisar. Itu sebabnya, Kaisar mati-matian bertarung dengan harimau. Meskipun ia harus diserang habis-habisan oleh harimau. Bahkan terpojokkan hingga ke sudut arena pertarungan. Namun, Kaisar akhirnya mampu menguasai medan pertarungan.


"Aku berjanji pada kalian! Akan kutumpas akar kejahatan yang telah merenggut tanah kita! Wilayah yang menderita oleh perbuatan jahat akan dipulihkan oleh kekayaan negara!"


"Kita bangun industri dan kumpulkan rakyat di wilayah yang penduduknya sedikit! Dengan memakmurkan seluruh penjuru Han, maka negara akan menjadi kuat dan masa kekacauan akan berakhir!" (Hlm 88)


Akhirnya, semua jenderal yang hadir di arena pertarungan pun mengakui kehebatan dan tekad yang dimiliki Kaisar untuk menumpas kejahatan di kerajaannya. 




Dalam pertarungan dengan harimau itu, terlihat kualitas Kaisar saat bertarung. Ia tak hanya pintar bela diri, tapi juga belajar strategi untuk menumpas lawan.


❤️❤️❤️



Setelah kejadian itu, genderang perang besar pun ditabuh. Perang suci di cina akhirnya dimulai tahun 210 di tanah Xu Du. 


Perang inilah yang dilakukan oleh Kaisar dengan mengerahkan seluruh pasukan berkuda terbaik miliknya.





Kaisar memberangkatkan pasukan penumpas Tsao Tsao. Jika anak naga dan Chao Liu bergabung dengan pasukan Tsao Tsao, mereka akan jadi ancaman untuk pasukan kaisar. 




Itulah sebabnya, anak naga ingin memukul mundur pasukan Wu dengan cara membakar tempat bahan makanan. 


Lalu, bagaimana kisah selanjutnya? Baca saja di komik ini ya!



❤️❤️❤️


Menurut saya : 



Kisah komik Legenda Naga ini terbit hingga 3 jilid sampai 37 episode. Yang bikin saya bingung dalam komik Legenda Naga volume 9 itu, Kaisar mengincar kepala Tsao Tsao, tapi orang lain mengira kalau incaran Kaisar adalah Anak Naga alias si Shiro ini. 


Memang sih, anak naga sangat cerdas, seni bela dirinya sangat tangguh. Tapi bukan dia lawan bertarung Kaisar. 


Anak naga juga mengajarkan seni bela diri dasar pada teman-teman seperguruannya karena katanya, yang paling penting menguasai seni silat dasar agar paham kapan harus meningkatkan skill bertarung.


Di satu sisi, ada Chung Ta yang justru memberitahu info penting pada Mei Zhou dari Wu, bahwa kaisar akan mengirim pasukan untuk menyerang Tsao Tsao. 


Jadi, periode perang China ini sangat besar dan tidak terelakkan. Setiap kubu saling mempertahankan wilayahnya. Bahkan, saling memprediksi strategi mana yang efektif untuk memukul mundur pasukan musuh. 🤔


Memang sangat rumit lihat Kisah 3 Negara ini. Soalnya kayak terlalu banyak tokoh juga. Apalagi namanya juga nggak familiar ya. Nama jenderal dan rajanya dalam bahasa China. Hehe



❤️❤️❤️



Oh iya, sedikit catatan nih… sering orang salah kaprah akan perbedaan Kisah Tiga Negara atau Kisah Tiga Kerajaan mengingat terjemahan bahasa Inggris dari roman ini adalah Romance of the Three Kingdoms.


Tapi, sebenarnya, yang tepat adalah Kisah Tiga Negara mengingat pada klimaks roman ini, ketiga pemimpin yang bertikai; Cao Cao (negeri Wei), Liu Bei (negeri Shu) dan Sun Quan (negeri Wu). 


Masing-masing telah memaklumatkan diri sebagai kaisar dan mengklaim legitimasi sebagai kekaisaran yang mewarisi Dinasti Han yang telah runtuh.


❤️❤️❤️


Saya baca komik Legenda Naga ini dan akhirnya bisa menyimpulkan bahwa penulis fokus di pertarungan 3 negara yang akan berlangsung sangat panjang dan lama. Terbukti dengan jumlah volume yang terbit yaitu sampai 37 volume komik. 


Di sisi lain, Shiro dan Masumi terjebak dalam pertarungan besar itu. Padahal aslinya mereka dari masa depan yang sudah tau gimana takdir yang terjadi pada raja dan jenderal tersebut. 


Makanya… ibarat mau mengubah takdir ya kayaknya nggak mungkin dong ya. Hehe. 


Pantes… saya kok bingung ya dengan istilah yang ada di komik ini. Yang bahas soal memenuhi takdir naga yang dilakukan Kaisar. 


Saya nggak gitu ngikutin cerita komiknya karena baru baca di volume 9. Nah, biar paham saya pun nyari info perang China di Wikipedia dan Google. Makanya ketemu cerita tentang Kisah Tiga Negara itu. 


Awalnya saya mengira ini mirip dengan kisah perang kerajaan Korea, soalnya ada bahas 3 kerajaan. Tapi ternyata beda deh. Hehe


Ya, syukurlah… jadi ini memang perang yang terjadi di China tempo dulu. Perang ini sangat besar sampai kerjaan pun terpecah belah. 


Overall, sebetulnya kisah dalam komiknya bagus aja sih. Tapi karena saya nggak ngikutin dari awal volume, saya jadi bingung sama para tokoh dan perkembangan kisahnya. 


Padahal biasanya setiap komik bersambung akan selalu menampilkan resume episode sebelumnya. Yaaa… biar paham gitu alur ceritanya kayak gimana. Plus biasanya ada storyboard dan pengenalan karakter utama komik. Tapi di sini nggak ada. Huhu 😢


Overall, saya suka dengan komik Legenda Naga yang merupakan komik sejarah ini. Tapi komik Legenda Naga volume 9 ini mayan bikin bingung. Jadi saya kasih 3 dari 5 bintang aja ya. 


Nah, selamat membaca! 


❤️❤️❤️




1 komentar:

  1. Komiknya masih berlangsung hingga sekarang. Dengan total sementara ada 59 yang terbit di Indonesia (Legenda Naga 37 jilid, New Legenda Naga 17 jilid, dan yang Legenda Naga III baru sampai jilid ke 5. Ceritanya seru, saya yang mengikuti dari awal juga masih sangat penasaran dengan endingnya, namun hingga kini belum ada tanda2 tamat, malah sepertinya jauh dari kata tamat mengingat konfliknya semakin meningkat. Pertarungan yang seru, dan kisah yang menarik sangat layak untuk ditunggu kelanjutannya

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^