31 Desember 2021

[Resensi Buku] Sang Javas - Kecebong Kaesayangan by Kaesang




Judul Buku : Sang Javas - Kecebong Kaesayangan

Pengarang : Kaesang Pangarep

Penerbit : Falcon Publishing

Terbit : April 2021

Tebal : 154 halaman

ISBN : 978-602-6714-66-4

Rating : 4/5 ⭐

Harga : Rp 89.000


Buku komik Sang Javas bisa dibeli di Gramedia.com


❤️❤️❤️


Sinopsis Buku : 


Pada sebuah kolam tampak banyak kecebong beraktivitas.  Kolam ini sangat unik. Ratusan bahkan ribuan kecebong turun-temurun hidup di sini.


Dalam komik ini, ada banyak cerita tentang kecebong yang hidup di dasar kolam tersebut. Cerita kehidupan dari tempat yang mungkin tak akan kalian temukan di peta.  Sebuah tempat yang bernama kolam Nusantara.


❤️❤️❤️


Resensi Buku : 


Komik bertema kecebong berjudul Sang Javas Kecebong Kaesayangan ini berasal dari cerita anak-anak yang dibuat Kaesang Pangarep dan tim Sang Javas. Anyway, Kaesang Pangarep adalah anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan juga youtuber. 


Awalnya saya mengira kisah ini akan mengangkat isu politik yang memang melatarbelakangi penggunaan istilah kecebong untuk merujuk pada pendukung Jokowi di pemilihan presiden periode sebelumnya. Tapi ternyata, nggak melulu soal politik kok. Hehe. Bahkan beragam tema yang diangkat pun sangat aktual untuk saat ini.  


Komik Sang Javas ini memuat 12 cerita komik yang disajikan dengan gaya unik khas Kaesang. Meskipun lucu, tapi cerita tetap santun dan tidak membuat huru-hara dalam menyampaikan maksud isi cerita. Misalnya saja soal pembahasan hoax di kalangan masyarakat. 


Nah, di komik Sang Javas, Kaesang membahas tentang betapa bahayanya hoax yang memicu masalah di masyarakat. Itu sebabnya, hoax harus diberantas dengan menggunakan detasemen anti-hoax di kolam nusantara.


Para kecebong pun berkumpul untuk merembug bagaimana cara agar masalah hoax tidak terjadi lagi. 


"Gatotkece dan keceranger, jaga supaya ngga ada baku hantam."


 "Kecedjawi beri petuah buat ibu-ibu yang masih sering buka akun gosip dan komentar nyinyir."


"Kecegirl, keceboy, kalian urus..."


"Kids jaman now, kan? Siaapp!!"


"Kids jaman now emang langsung anteng kalo udah nonton drama k-pop kecebong k-pop."


"Bapak-bapak cuma digratisin kopi aja langsung kalem. Hahaha..."


Wkwk asli, saya ngakak baca komik ini. Ada aja sih idenya. Emang sekarang banyak orang yang suka baca postingan akun lambe-lambean. Bahkan bapak-bapak juga nggak jauh dari akun hoax di grup whatsapp. 


Eh tapi... seru juga ya lihat gimana orang jadi lebih aware dengan adanya hal itu. Termasuk munculnya kelompok anak jaman now yang seneng nonton drakor dan hobi dengerin kpop.


Ada lagi kisah tentang Kecegirl yang sangat senang jadi selebgram sampai lupa dengan kawan lamanya. 


Yang bikin ngakak pas adegan kecegirl mau foto bareng temen-temen barunya, trus bedak di mukanya luntur gara-gara tiba-tiba hujan! 


Tahu nggak ternyata itu cuma akal-akalan para kecebong yang pernah jadi sahabat kecegirl. Mereka bikin hujan buatan pake selang air. Haha 😅 


Soalnya mereka mau Kecegirl nggak sombong lagi dan tetep sahabatan sama mereka. 


Ya, bener juga sih, jadi selebgram itu emang melenakan. 


Ada aja aksi pansos, kadang malah jadinya nggak berteman dengan tulus kayak temenan pada umumnya. 


Lihatnya dari tampang, keren dan populer. Kalau udah nggak keliatan keren ya ditinggal. 


Sama kayak kecegirl yang ditinggal temennya gitu aja pas makeup wajahnya luntur dan dikira sundel bolong soalnya warna merah makeupnya kaya darah. Wakakak.


Paling ngakak waktu baca part di komiknya yang kecegirl bilang "muka gue!" waktu makeupnya kelunturan kena air hujan palsu. Hahahaha. 


Gimana ya, ekspresi kecegirl nih emang sangat polos dan ekspresif. Bikin gemeees deh! 😂


Ada lagi pas ada tetangga baru yang belum lapor sebagai warga baru sama pak RT nya. Nah, tetangga baru ini jadi bahan gunjingan satu kolam.


Yang bikin ngakak waktu ada kejadian para mata-mata nyari info tentang siapa tetangga baru itu. Ada gatotkece yang sampe terbang naik ke atas. Tinggi banget demi ngawasin rumah itu. 


Ada juga kecebong lain yang kirim robot kecil buat deteksi siapa yang ada di rumah itu. Tapi malah rusak robotnya. 😌


Trus, ada lagi yang nanya ke tetangga tapi nggak ada info apapun. 😐


Yang bikin ngakak waktu ketahuan siapa gerangan tetangga yang super aneh dan bikin horor karena ada bekas ceceran darah depan rumahnya. Plus, ada sosok mata merah banget yang ngintip dari balik pintu dikiranya itu hantu ye, kan? Tahunya bukan dong! 


Coba tebak apa itu? Haha. Ternyata itu jentik nyamuk alias bu jentik. Lol. 😂


Jadi dia kurang tidur, makanya matanya merah. Haha.


"Kalo soal darah di depan rumah itu gimana?"


"Ya, saya kan nyamuk, mas. Itu darah makhluk atas air, buat makan saya dan anak saya."


Haha. Coba perhatiin kalimat ini deh. 😆


"Lampune juga dinyalakan ya, bu?! Serem koyok rumah angker." (Hlm 117)


wekeke. Ada-ada aja sih. 😅 Ada lagi sih banyak cerita lucu lainnya. Salah satunya pas Keceboy bilang pengin sixpack biar dibilang nggak buncit lagi. Haha. 


Nah, ada temennya yang kasih ide buat bikin trik jitu. Apa itu? Trik buat shading kontur kulit perut biar kelihatan kotak-kotak. Wakakak. Ngakak banget part ini soalnya temen Keceboy sampe ditegur petugas makeupnya yang bilang.


 "Kok tester makeupnya habis?" Haha. 


Akhirnya jadi dia beli deh. Daripada kena tegur lagi kan? 🤣


Tapi dipikir-pikir kok ada-ada aja idenya. 😅 


Di bab lain, ada juga bahasan yang lebih bikin ketawa. Tapi segini aja deh.... kamu baca lanjutannya aja di komik ini ya! ❤️


Nah, selamat membaca! 😉





❤️❤️❤️


Menurut saya : 


Komik Sang Javas ini bisa jadi alternatif hiburan di tengah padatnya aktivitas. Kisahnya lucu dan inspiratif. Meskipun tebal bukunya hanya sekitar 150 an halaman. 

Buku komik ini ditulis oleh tim, jadi ide cerita dari Kaesang dan gambat dikembangkan oleh tim Sang Javas. 

Karakter menggunakan nama Kece alias kecebong. Misalnya : keceranger, keceboy, kecegirl, dll. 

Yang paling aneh adalah... Karakter Kecu yang sangat sibuk. Kecu ini selalu jadi penyelesai masalah yang bisa disuruh apa aja. Ibaratnya seksi kerjaan umum. Hehe

Overall, komiknya lucu, kekinian dan informatif juga. Bahkan kelucuannya bisa dibilang nggak garing juga. Beneran guyon khas anak muda. 😄


Nah.... Selamat membaca! ❤️


FALCON PUBLISHING BOOKS


❤️❤️❤️

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^