20 Desember 2021

[Resensi Buku] Janji by Tere Liye : Pencarian Jejak Kehidupan Mantan Santri Buya

Download Ebook novel terbaru tere liye pdf

 Judul Buku : Janji

Pengarang : Tere Liye

Penerbit : Penerbit SabakGrip

Terbit : Cetakan Pertama, 2021

Tebal : 500 halaman

ISBN : 9786239726201

Rating : 5 bintang

Harga Buku : Rp 89.000

Beli novel Janji - Tere Liye di Shopee Gramedia


❤️❤️❤️


Sinopsis Buku Janji by Tere Liye : 


Kita semua adalah pengembara di dunia ini.

Ada yang kaya, pun ada yang miskin. Ada yang terkenal, ternama, berkuasa, juga ada

yang bukan siapa-siapa.

Ada yang seolah bisa membeli apapun, melakukan apapun yang dia mau, hebat sekali.

Ada yang bahkan bingung besok harus makan apa.

Tapi sesungguhnya di manakah kebahagiaan itu hinggap?

Di manakah hakikat kehidupan itu tersembunyi?

Apakah seperti yang kita lihat dari luar saja?


Inilah kisah tentang janji.


Kita semua adalah pengembara di dunia ini.

Dari hari ke hari. Dari satu tempat ke tempat lain.

Dari satu kejadian ke kejadian lain. Terus mengembara.

Dan kita pasti akan menggenapkan janji yang satu ini: mati.


❤️❤️❤️


Resensi Buku Janji by Tere Liye : 


Novel Janji berkisah tentang Baso, Kaharuddin, dan Hasan, tiga sekawan alias trio badung di pesantren yang harus memenuhi janji untuk mencari Bahar, alumni pesantren yang dulu sangat nakal juga. 


Gara-gara mereka bertiga mengerjai wakil rakyat yang datang ke pesantren, Buya sampai harus memberi mereka pelajaran karena tidak mau kejadian yang sama terulang lagi. 


Kejadian yang dimaksud adalah kebadungan yang dilakukan oleh murid ayah Buya tempo dulu, saat itu ada murid bernama Bahar yang dititipkan oleh neneknya untuk sekolah agama pada pesantren Buya. Ayah Buya yang menerima murid itu pun menyanggupi agar anak itu dididik ilmu agama. 


Sayangnya, sulit untuk menjinakkan Bahar karena ia sangat badung dan sering membuat onar di lingkungan pesantren. Mulai dari sering bolos kelas, suka minum, berkelahi, dan senang bertaruh uang, bahkan paling parah membuat seorang santri yang difabel mengalami kematian karena terbakar di kamarnya, saat sebagian bangunan pesatren terbakar. 


Saat itu, ayah Buya memutuskan untuk mengeluarkan Bahar dari Pesantren karena tindakannya sudah keterlaluan. Namun, Buya meminta syarat agar Bahar melakukan wasiat pusaka seumur hidupnya. 


Apa wasiat pusaka dari Buya? 


"Ada lima pusaka tersebut. 
Pertama selalu hormati dan bantu tetanggamu. 
Kedua selalu lindungi yang lemah dan teraniaya. 
Ketiga senantiasa jujur dan tidak pernah mencuri. 
Keempat bersabarlah atas apapun ujianmu. 
Kelima bersedekah bersedekah dan bersedekahlah."


❤️❤️❤️

 


Pencarian Jejak Kehidupan Mantan Santri Buya 


Mereka bertiga mencari info di mana Bahar hidup hingga menelusuri jejaknya sampai 3 hari an. Bahkan meskipun harus berlelah-lelah menyusuri kota dan pedalaman.


Mereka harus berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain selama perjalanan mencari Bahar, sang mantan santri yang diberi amanah dan berhutang janji pada Buya, guru di pesantren yang sangat disegani. 


Berbekal restu Buya dan bantuan dari berbagai orang yang termasuk jaringan alumni sekolah agama yang didirikan Buya, trio badung pun bisa terus mencari info yang dibutuhkan. 


Mereka bertemu dengan Bos Acong, saudagar, Muhib, Etek, Pak Budi, Bu Surti, dan Pak Mansyur. Bahkan banyak cerita seru dan ajaib yang bergulir dari mulut mereka.


Selama berpindah-pindah tempat, mereka mendapatkan informasi yang saling berkaitan dari teman dan kerabat Bahar hingga akhirnya menemukan jawaban dari pertanyaan Buya selama ini. 


"Mengapa Buya bermimpi tentang Bahar yang naik tandu terbaik yang bisa terbang saat di padang mahsyar?"


Inilah yang jadi pertanyaan besar Buya selama bertahun-tahun. 


Akankah Trio Badung akhirnya menemukan makna hidup dari pencarian mereka? 


❤️❤️❤️


Menurut saya :


Novel Janji karya Tere Liye ini ternyata bertema Islami. Formula menulis novelnya mirip dengan  novel Tere Liye sebelumnya yang berjudul Rembulan Tenggelam di Wajahmu,  dan Tentang Kamu. Jadi jangan kaget kalau ada kemiripan sedikit ya. 


Alur cerita novel Janji karya Tere Liye ini terbilang cepat. Setiap lembarnya memiliki makna yang sangat mendalam. Kisah Bahar jauh lebih berat daripada kisah tokoh dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu. 


Bahar mengalami kisah hidup yang pelik dan naik turun bak roller coaster. Mungkin kalau kamu jadi Bahar, kamu akan menggeleng-gelengkan kepalamu, istighfar dan bilang hidup tidak adil karena menganggap Tuhan begitu jahat padamu. 


Novel Janji karya Tere Liye ini sangat page turning. Saking serunya novel ini, saya bisa menghabiskannya dalam waktu singkat. Keren deh! 😍


Novel Janji ini sangat padat dengan berbagai macam konflik. Mulai dari konflik Bahar di pesantren, konflik Bahar dengan Bos Acong si bos mafia pelabuhan Kota Tua - Jakarta, kisah Bahar saat dipenjara, kisah cinta Bahar dengan Delima istrinya yang sangat menyentuh hati, kisah Bahar dengan keluarga Muhib dan Etek yang sangat baik, kisah hidup Bahar di pertambangan, bahkan kisah Bahar di kampung tempat ia tinggal. 


Endingnya nggak ketebak, meskipun saya ngerasa ada campuran formula dari novel Tere Liye sebelumnya, tapi nggak mengurangi keseruan novel ini. Bahkan bisa dibilang novel Janji adalah salah satu karya terbaik Tere Liye selain novel Hujan dan novel Tentang Kamu. 


Oiya, kamu nyadar nggak sih kalau jumlah huruf di judul melambangkan jumlah orang yang meninggal dalam novel ini? Wow bener-bener covernya sangat tersirat ya! 


Kalau kamu suka novel petualangan yang penuh misteri, novel ini bakalan cocok untukmu. Cobain baca deh! Dijamin ketagihan! 😉


Pembaca novel JANJI diajak untuk melihat kehidupan keras nan realistis di balik tokoh yang tak sempurna seperti Bahar. Akan selalu ada kesempatan kedua bagi mereka yang percaya bahwa hidup selalu terus bergulir ke arah yang lain. Ibarat roda pedati, ada kalanya naik, ada kalanya turun. 


Jadi, bersiaplah menemukan banyak kejutan saat kamu membaca novel Janji karya Tere Liye ini ya!


Selamat membaca! 


Baca juga : 


Resensi Buku Selamat Tinggal karya Tere Liye

Resensi Buku Hujan karya Tere Liye


❤️❤️❤️

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^